Kesalahan Sholat Yang sering Terjadi

.

Sholat adalah tiang dari agama, umat islam dianjurkan untuk melaksanakan sholat wajib 5 kali dalam sehari.  Namun ternyata masih banyak umat Islam yang tidak mengatahui tentang apa saja keasalah dalam Sholat sehingga menganggap jika yang dilakukan nya adalah hal yang benar sehingga terus menerus dilakukan, padahal sebenarnya salah. Tentunya kita akan rugi jika melakukan kesalahan dalam sholat, karena bisa saja pahala kita hilang karena kesalahan sholat yang kita lakukan tadi.
Lalu apa saja kesalahan dalam sholat yang sering dilakukan? Nah berikut adalah beberapa kesalahan dalam sholat yang sering dilakukan.


Baca Juga : Doa Bersetubuh Dalam Islam

Tidak Bisa Tumaninah
Tumaninah adalah posisi tubuh yang sedang dalam keadaan tenang saat melakukan gerakan tertentu. Ketenangan dalam sholat bisa diukur dari lama atau tidak nya dalam membaca doa. Terkadang banyak yang sengaja membaca doa dengan cepat karena tidak tumaninah dalam sholat. Terkadang juga doa yang dibaca tidak sampai tamat, itu terjadi karena tidak tumaninah. Padahal kita dianjurkan untuk Tumaninah atau tenang jika sholat.

Imam Yang Salah Membaca Surat Al Fatihah
Imam memegang tanggung jawab besar dalam sholat, karena diterima atau tidak nya sholat seseorang tergantung pada imam. Nah terkadang kita saling menyodorkan seseorang untuk menjadi imam, padahal seharusnya yang boleh menjadi imam adalah orang yang sudah fasih dalam membaca Surat Al Fatihah. Fasih berarti sudah mengerti dan hafal tebal, tipis, panjang pendek dari Surat Al Fatihah. Karena pembacaan yang salah pada Surat Al Fatihah akan merubah makna yang sebenarnya, itulah salah satu kesalahan yang jarang diketahui oleh umat islam dan juga sering dilakukan.

Bersedekap Miring
Memang masih banyak yang meragukan tentang posisi yang benar dalam bersedekap, ada yang bilang di dada, ada juga yang bilang di perut. Namun yang sudah pasti salah adalah Bersedekap miring. Bersedekap yang miring atau ikhtishar adalah meletakkan satu tangan di pinggang sehingga sikap seperti ini akan membuat salah satu siku keluar dan menjauh. Itulah kesalahan dari kita yang sering kita lakukan.

Tidak Menempelkan Hidung Saat Sujud
Terkadang kita saat sujud tidak menempelkan hidung, padahal itu adalah salah satu kesalahan dalam sholat yang sering dilakukan. Rasulullah menyuruh kita untuk menempelkan hidung saat kita sujud, sama seperti dahi kita yang menempel ke tanah. Karena jika kita tidak menempelkan hidung saat sujud sholat kita tidak akan diterima.

Membuka Tangan Saat Salam
Terkadang kita tidak tahu bahwa yang kita lakukan ini adalah kesalahan dalam sholat. Bahkan sahabat Rasulullah juga pernah melakukan kesalahan ini, sehingga Rasulullah menasehati agar tidak membuka tangan saat salam, karena jika kita membuka tangan saat salam sama saja kita seperti keledai yang suka lari.


0 Response to "Kesalahan Sholat Yang sering Terjadi"

Post a Comment