Cara sholat khusyu yang benar

.


Sholat adalah kewajiban kita sebagai orang Mulim, karena Sholat termasuk dalam rukun islam yang harus kita kerjakan. Sholat yang wajib bagi umat islam adalah lima waktu dalam sehari mulai dari Subuh hingga Isya'. Untuk bisa mencapai kesempurnaan ibadah tentunya kita harus melaksanakan sholat dengan khyusuk atau bersungguh-sungguh dan penu penghayatan.



Tentunya kerjaan Syaithan adalah mengganggu manusia untuk beriman dan beribadah kepada Allah, salah satu nya adalah dengan mengganggu kita saat kita ingin melakukan Sholat dengan Khyusuk. Kita harus mengikuti tata cara sholat yang baik dan benar mulai dara Takbir hingga salam agar sholat kita bisa diterima oleh Allah. 

Tentunya kita berharap agar ibadah Sholat kita semakin hari semakin bagus dan juga semakin bagus, karena jika tidak kita akan termasuk ke dalam orang yang merugi. Lalu bagaimana sih tips-tips agar kita bisa khusyuk saat Sholat? nah berikut di bawah ini adalah beberapa tips agar kita bisa khusyuk saat mengerjakan Sholat.

Hati
Saat kita melakukan ibadah Sholat tidak hanya anggota tubuh kita saja yang melakukan gerakan-gerakan sholat, tapi juga hati kita harus mantap untuk melakukannya. Kita juga harus menggunakan hati saat sholat agar sholat kita bisa khusyuk, dalam setiap gerakan dan juga bacaan kita harus mengikut sertakan hati agar sholat kita bisa khusyuk.

Jika hanya anggota badan saja yang melakukan gerakan sholat maka sudah pasti sholat anda tidak akan khusyuk karena tidak menggunakan hati.

Mengingat Kematian Saat Akan Sholat
Berikutnya adalah sebelum anda sholat anda harus membayangkan bahwa sholat yang akan anda kerjakan tersebut adalah sholat terakhir dalam hidup anda, jika begitu pastinya anda akan membuat sholat terakhir tersebut menjadi sholat yang benar-benar sempurna, khusyuk dan juga Thuma'ninah. 

Jika kita tidak membayangkan kematian sebelum sholat tentunya kita tidak akan bisa sekhusyuk dan se-sempurna itu. Dan juga anda harus membayangkan bahwa setelah mengerjakan sholat tersebut anda tidak akan bisa sholat lagi, dengan begitu anda akan menyempurnakan sholat anda tersebut.

Memahami Arti Sholat
Tentunya setiap gerakan pada sholat tidak akan terlepas dari bacaan, mulai saat takbir hingga salam pasti dipenuhi dengan bacaan-bacaan suci yang bersumber dari ayat AL-Quran dan juga doa-doa dalam sholat itu sendiri. Penyebab orang tidak bisa serius atau khusyuk saat Sholat diantaranya adalah karena tidak tahu arti dari doa dan bacaan yang ia ucapkan saat sholat. Sehingga jika kita tidak tahu apa arti yang kita baca, maka gerakan sholat kita akan berjalan begitu saja tanpa bisa kita hayati. Maka dari itu sebaiknya anda pahami dulu makna atau arti dari doa dan bacaan sholat agar sholat anda bisa khusyuk.

Fokus Bahwa Kita Sedang Menghadap Tuhan
Saat kita sholat kita harus memfokuskan pandangan kita pada tempat kita bersujud, kita tidak boleh melirik ke kanan dan kiri agar kita bisa fokus mengerjakan sholat. Yang lebih penting lagi adalah kita juga harus sadar bahwa kita sedang menhadap kepada sang pencipta alam semesta ini. Contoh sederhana dalam kehidupan adalah ibarat anda sedang bertemu Presiden, tentunya anda akan serius dan fokus kan? itu baru presiden, harusnya anda bisa lebih fokus dan serius bila menghadap Tuhan sang pencipta alam semesta ini. Jika kita sudah sadar dan fokus pastinya kita akan khusyuk.

0 Response to "Cara sholat khusyu yang benar"

Post a Comment