Sejarah Penyebaran Agama Islam Di Indonesia

.

PeninggalanSejarah Islam di Indonesia

Agama islam masuk ke Indonesia terbukti dengan adanya macam-macam peninggalan sejarah pada masa kerajaan abad ke-13. Agama islam masuk ke Indonesia bukan karena kebetulan,melainkan ada misi dan tujuan tertentu yang hendak di capai. Yaitu menyebarkan ajaran agama Islam di seluruh penjuru dunia.Saat ini kita biasa melihat sendiri begitu banyak peninggalan sejarah di seluruh penjuru tanah air, beragam bentuk dan corak peninggalan agama Islam telah tertambat di Negara kita tercinta ini, baik dalam jenis tulisan maupun berbentuk benda.



Masing-masing peninggalan sejarah islam tersebut menceritakan bagaimana kehidupan bangsa kita sejak masa kerajaan Islam sampai dengan masa kotemporer. Pada setiap peninggalan sejarah agama Islam di Indonesia terdapat sumber pengetahuan yang sangat bermanfaat untuk memperluas wawasan kita mengenai sejarah agama Islam.Sebagai generasi penerus bangsa hendak nya kita menjaga dan melestarikan kebudayaan serta sejarah tersebut agar bisa di jadikan sebagai cermin dalam bertindak dan berprilaku dan dengan begitu kita bisatahu bagaimana tahapan kehidupan bangsa pada masaitu. Nah buat anda yang ingin tahu apa saja peninggalan sejarah Islam di Indonesia, saya akan menyajikan dan mengulas peninggalan tersebut di  sini. Ada beberapa peninggalan sejarah Agama Islam yang dapat saya rangkum, yitu:

Baca Juga Sejarah Islam Di Banten

Peninggalan Sejarah Kerajaan SamuderaPasai
Kerajaan Samudera Pasai merupakan kerajaan pertama di tanah air yang memeluk agama Islam. Islam masuk kepulau-pulau dengan misi perdagangan, pulau pertama yang ia jelajahi ialahpulau sumatera. Bagian ujung barat sumatera di jadikan sebagai tempat persinggahan yang paling strategis bagi parasaudagar islam yang memiliki ruteperdagangan China – India – Persia – Arab. Makadariitu di kawasan tersebut banyak sekali di temukan mata uang seperti dirham. Mata uang tersebut terbuat dari emas dan itu sudah ada sejak masa pemerintahan raja yang pertama kali di kerajaan samudera pasai .sebagian pedagang itu singgah dASanjuga tinggal menetap di pesisir Samudera dan membua trumah/ permukiman tempat tinggal. Di tempat tersebut mereka menjalankan segala bentuk aktivitas perdagangan.Bahkan perdagangan ini membawa pengaruh besarbagi kehidupan di Nusantara ini.Dan dari situ pula ajaran agama islam di Indonesia mulai berkembang dan menyebar luas dengan pesat, hal tersebut di tandai dengan adanya karya-karyasastra, kaligrafi, sertasufistik.

Peninggalan Sejarah Kerajaan Demak.

Kerajaan Demak di prakar saaioleh Raden Patah yang memegang pemerintahan pada tahun 1478-1518 M. kerajaan Demak merupakan penyebar agama Islam di daerah pulau jawa, Tokoh utama dalam misi ini ialah WaliSanga.Para waalisangat di seganidan di kenali sangat ahli dalam menyebarkan saluran-saluran kebudayaan agama Islam.Melalui Para Wali tersebut seluruh ajaran dan kebudayaan agama Islam telah mengakar di masyarakat Pulau Jawa. Kerajaan Demak juga banyak meninggalakan peninggalan sejarah pada masa pemerintahannya.Peniggalan tersebut seperti, Makam Demak dan Masjid Agung Demak.Bahkan makam parawali saat ini juga sangat sering di kunjungi oleh umat Islam yang ada di Indonesia.

Selain kedua kerajaan tersebut masi ada pula kerajaan-kerajaan lain yang memprakarsai penyebaran agama Islam di Indonesia, kerjaan tersebut yaitu kerajaanbanten, Kerajaan Mataram, kerajaan Makasar dan satulagi Kasultanan Aceh, semua kerjaan tersebut member kan pengaruh besardan semua yang peninggalan sejarah yang mereka tinggal kan kini menjadi bukti bhwa perjuangan mereka membuahkan hasil yang sangat manis, karena hingga saat ini ajaran mereka menjadi tauladan bagi umat Islam di Indonesia.

0 Response to "Sejarah Penyebaran Agama Islam Di Indonesia"

Post a Comment