Cara mengatasi malas sholat 5 waktu

.

Sholat adalah kewajiban bagi setiap muslim di seluruh dunia. Kita diperintahkan untuk melakasanakan sholat 5 kali dalam sehari, dan ada juga sholat sunnah yang harus kita kerjakan setiap harinya. Salah satu pembeda agama islam dan agama yang lainnya adalah ibadah sholat, jadi jika ada orang yang sholat sudah pasi orang tersebut beragama islam.


Namun terkadang kita tidak bisa melakasanakan perintah untuk Sholat 5 waktu tersebut karena satu masalah yaitu "malas". yap, malas memang sifat yang sangat tidak baik untuk dipelihara. Meskipun kita sudah diperingatkan tentang azab dan siksa orang yang melalaikan sholat, tapi karena rasa malas yang lebih besar tadi membuat kita menjadi lalai dalam mengerjakan sholat.

Tentunya kita sebagai Umat Muslim ingin bisa melawan rasa malas tersebut agar bisa melaksanakan sholat wajib 5 waktu dalam sehari secara konsisten. Konsisten artinya setiap hari melakukan sholat wajib 5 waktu tersebut. Nah berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi malas saat ingin mengerjakan sholat yang sudah terbukti.

Memahami Apa Manfaat Dari Sholat
Mungkin anda masih merasa malas mengerjakan sholat karena anda tidak tahu apa manfaat sebenarnya dari sholat. Sebenarnya banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengerjakan sholat. Mulai dari sisi kesehatan hingga sisi psikologis, semuanya bisa kita dapatkan jika kita mengerjakan sholat. Jika dari sisi psikologis adalah orang yang rajin mengerjakan sholat 5 waktu akan memiliki hati yang tentram, terhindar dari pikiran kotor dan menjadi orang yang pandai bersyukur dan bersabar. 


Sementara manfaat yang akan didapatkan orang yang rajin sholat dari sisi kesehatan adalah memiliki semangat dan juga tubuh yang sehat, karena sholat adalah gerakan olahraga terbaik. Maka sebaliknya orang yang tidak pernah mengerjakan sholat 5 waktu akan memiliki pikiran yang stres, runyam dan cuga cemas. Tentunya kondisi psikologis yang seperti itu bisa merusak daya tahan tubuh yang lainnya.

Selalu Ingat Jika Dunia Hanya Sementara
Mungkin anda tidak bisa mengerjakan sholat 5 waktu karena terlalu sibuk dengan urusan dunia, sibuk mengejar urusan dunia, sibuk meniti karir karena anda lupa bahwa sebenarnya dunia itu hanya sementara, dan yang akan kekal adalah di akhirat nanti. Jika anda selalu mengingat bahwa dunia ini hanya sementara maka anda akan tidak terlalu memikirkan urusan dunia dan lebih meimilih mendekatkan diri kepada Allah dengan cara sholat. Dengan selalu ingat bahwa dunia hanya sementara anda akan mempersiapkan diri untuk mengahadapi yang kekal yaitu akhirat dengan cara sholat.

Melakukan Secara Konsisten Agar Menjadi Kebiasaan
Sesuatu yang dikerjakan secara berulang-ulang pastinya akan menjadi kebiasaan yang mudah untuk dilakukan. Sama seperti sholat, jika kita mengerjakan sholat secara konsisten maka kita akan terbiasa dan menjadikan sholat sebagai kebiasaan kita sehari-hari. Suatu kebiasaan jika tidak dikerjakan akan membuat kita menjadi tidak nyaman, karena seperti ada yang kurang untuk dilakukan. Nah lama kelamaan rasa malas yang anda rasakan akan hilang jika sudah menjadikan sholat sebagai kebiasaan.

Berteman Dengan orang Yang Rajin Sholat
Pergaulan akan merubah seseorang. nah anda juga harus bergaul atau berteman dengan orang-orang yang rajin sholat jika anda juga ingin menjadi orang yang rajin sholat. Dengan begitu anda akan diajak dan diingatkan untuk sholat berjamaah saat waktunya tiba.


0 Response to "Cara mengatasi malas sholat 5 waktu"

Post a Comment