Sunnah rasul dalam kehidupan sehari hari

.


Sunnah Rasulullah adalah semua ucapan dan juga perbuatan serta keputusan dari baginda Nabi Muhammad SAW. Sunnah Rasulullah adalah sumber kedua setelah Al-Quran untuk hukum-hukum umat islam, aqidah, syariat dan juga cara ibadah umat islam. Jadi jika tidak ada penjelasan dalam Al-Quran maka wajib mencari nya apda Hadist Rasulullah ini.

Fungsi dari Sunnah Rasulullah atau hadist ini sangat penting bagi umat islam, karena hampir sejajar dengan Al-Quran yaitu sebagai sumber hukum, ajaran dan juga aqidah umat Islam di seluruh dunia. Banyak dari Sunnah Rasulullah seputar kehidupan sehari-hari, nah mungkin anda juga ingin melaksanakan Sunnah Rasulullah untuk kehidupan sehari-hari ini.

Membaca Al-Quran dan Terjemahannya
Sunnah Rasulullah untuk kehidupan sehari-hari yang pertama adalah anjuran dalam Membaca Al-Quran dan Terjemahannya. Tadarus atau Membaca Al-Quran dan Terjemahannya, menghayati dan mengamalkan ajaran-ajaran yang terkandung dalam Al-Quran sangat dianjurkan Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari. Kita selalu dianjurkan untuk Membaca Al-Quran dan Terjemahannya dengan serius agar kita bisa memhamai setiap ayat yang terkandung dalam Al-Quran. Hal itu wajar saja, karena Al-Quran adalah petunjuk dalam hidup kita.

Tidur Dini
Sunnah Rasulullah selanjutnya adalah kita dianjurkan untuk tidur dini, artinya dini adalah tidur jangan sampai tengah malam. Hal itu bertujuan agar kita bisa bangun tengah malam untuk menunaikan sholat malam atau Tahajud. Rasulullah selalu tidur dini hari atau awal malam dan nantinya bangun di penghujung malam untuk menunaikan sholat malam. Bagi anda yang ingin bisa menunaikan sholat malam, maka sebaiknya anda tiru Sunnah Rasulullah ini.

Berwudhu Sebelum Tidur
Rasulullah juga menyarankan kita untuk Berwudhu Sebelum Tidur. Jika kita melihat dalam hal ilmiah, Berwudhu Sebelum Tidur memiliki banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan. Manfaat dari Berwudhu Sebelum Tidur diantaranya adalah kita akan terbebas dari kuman yang jahat, membantu juga dalam menjaga kesehatan wajah kita (karena sama saja dengan mencuci muka sebelum tidur).

Berwudhu Sebelum Tidur juga akan membuat kita di doakan oleh para malaikat, hal itu berdasarkan dari Hadits Rasulullah yang kira-kira berbunyi seperti ini.


Mengibaskan Seprai Tiga Kali Sebelum Tidur
Rasulullah menganjurkan kepada kita jika sebelum tidur harus mengibaskan dulu seprai yang akan kita gunakan sebanyak tiga kali sebelum tidur. Hal itu sebenarnya juga bermanfaat jika ternyata terdapat kotoran dalam sprai atau terdapat mahluk yang tidak kasat mata berada di atas seprai yang akan kita gunakan tidur tersebut. Nah anda bisa mencontoh Sunnah Rasulullah ini sebelum tidur agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh kotoran di seprai.

Melaksanakan Sholat Dhuha
Sholat Dhuha merupakan ibadah sholat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah. Sholat Dhuha dipercaya mampu mempermudah datang nya rejeki bagi siapa saja yang melaksanakan nya. Nah bagi anda yang selama ini dirasa rejeki nya kurang, terbiasalah untuk Sholat Dhuha setiap pagi sebelum bekerja.

Istiqfar Setiap Hari
Kita sangat dianjurkan oleh baginda Rasulullah untuk Istiqfar setiap hari dan juga dalam keadaan apapun,entah itu saat di sekolah, di rumah atau dimana pun. Kita diperintahkan untuk Istiqfar dimanapun kita berada. Khasiat dari Istiqfar adalah bagi siapa saja yang kuat dalam ber Istiqfar maka insting nya akan sangat kuat sekali, berguna untuk membahagiakan orang lain dan juga mahluk lain. 

Orang yang kuat Istiqfar akan menjadi orang yang penyayang, penuh dengan keutaman dan juga doa nya akan mustajab. Tidak jarang anda akan menemui orang-orang yang doa nya mudah di mustajab oleh Allah, itu karena dia adalah orang yang kuat Istiqfar nya.

0 Response to "Sunnah rasul dalam kehidupan sehari hari"

Post a Comment