Ini Doa Agar Dimudahkan Membayar Utang Sebesar Gunung Sekalipun

Portal Islami | Ada kabar gembira bagi Anda yang saat ini sedang dililit utang besar. Ali bin Abi Thalib pernah bertanya langsung kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam tentang doa agar dimudahkan membayar utang.

Doa Agar Dimudahkan Membayar Utang Sebesar Gunung Sekalipun

Dikutip dari Rumaysho.com, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam lalu mengajarkan sebuah doa bagi orang yang berutang. Insya Allah dengan mengamalkan doa ini, Allah subhanahu wata'ala akan membantu melunasinya, walau utang itu sebesar gunung.

Doa Bayar Hutang 

"Allahumak-finii bi halaalika 'an haroomika, wa agh-niniy bi fadhlika' amman siwaaka."

Artinya, "Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari dibutuhkan pada tambahan-Mu." (HR. Tirmidzi)

Agar doanya dikabulkan, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Makanan haram berpengaruh pada terkabulnya doa.

Dalam hadist dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Wahai manusia sekalian, sungguh Allah itu thoyyib (baik). Allah tidak akan menerima sesuatu yang diterima dari yang thoyyib (baik). Dan sesungguhnya Allah telah memerintahkan kepada orang-orang mukmin seperti yang diperintahkan-Nya kepada para Rasul. Firman-Nya: 'Wahai para Rasul! Makanlah makanan yang baik-baik (halal) dan kerjakanlah amal shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. ' Dan Allah juga berfirman: 'Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah rezeki yang baik-baik yang telah kami rezekikan kepadamu. '”Kemudian Nabi shallallahu' alaihi wa sallam menceritakan tentang laki-laki yang telah menempuh perjalanan jauh, membuat rambutnya kusut, masai dan berdebu. Orang itu terangkat ke langit seraya berdo'a: “Wahai Tuhanku, wahai Tuhanku.” Padahal, makanannya dari barang yang haram," (HR. Muslim)

Ibnu Rajab mengatakan, “Selama seseorang mengonsumsi makanan halal, maka amalan saleh mudah diterima." (Jami'ul Ulum wal Hikam, 1: 260)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel