Larangan Selfie Melet atau Menjulurkan Lidah Menurut Islam

Selfie merupakan kegiatan yang kini tidak bisa dihindarkan. Bukan hanya para remaja, orang tua pun juga masih saja ada yang melakukannya. Entah mengapa hal ini kian menjadi, seperti halnya budaya yang terus dikembangkan. Termasuk berbagai macam gaya berselfie yang beraneka ragam. Salah satunya gaya menjulurkan lidah.

Larangan Selfie Melet atau Menjulurkan Lidah Menurut Islam

Tahukah Anda, bahwa ternyata berfose atau selfie dengan menjulurkan lidah, sama halnya dengan anjing.  Anda tentu sudah tahu hewan yang dagingnya diharamkan dalam Islam ini bukan? dan, apakah Anda tahu mengapa anjing selalu menjulurkan lidahnya?

Sedikitnya ada 3 alasan anjing menjulurkan lidah diantaranya:
1. anjing tersebut kehausan.
2. anjing tersebut kepanasan.
3. anjing tersebut sedang memberi tanda bahwa ia minta disetubuhi sang pejantan (ini dilakukan oleh anjing betina).

Wanita Menjulurkan Lidah Dalam Islam

Jika kita kaitkan dengan orang-orang yang senang berselfie, terutama gaya menjulurkan lidah, juga menandakan ada tiga kemungkinan ia melakukan hal itu. Bisa jadi ia kehausan, kepanasan atau bagi seorang wanita sedang memberi kode pada lelaki. Mengapa demikian?

Dalam salah satu hadits dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasûlullâh SAW bersabda, “Jika seseorang dari kamu sujud, maka janganlah ia turun sujud sebagaimana mendekamnya onta. Hendaklah ia meletakkan kedua tangannya sebelum kedua lututnya.”

Dalam hadis yang lain Rasulullah SAW bersabda tentang seseorang yang menyerupai kebiasaan suatu kaum.

Dari Ibnu Umar berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk golongan mereka,” (HR. Abu Dawud, Al-Libas, 3512. Al-Albany berkata dalam Shahih Abu Dawud, Hasan Shahih no. 3401)

Hadits yang pertama dengan sangat jelas bahwa seorang muslim dilarang meniru perilaku binatang ketika shalat. Dan pada hadis yang kedua Rasulullah SAW menyatakan apabila kita mengikuti, meniru kebiasaan atau perilaku suatu kaum maka kita termasuk golongan atau bagian dari kaum tersebut. Jadi, apa hubungannya?

Nah, hadits tersebut mengisyaratkan dilarangnya seseorang meniru perilaku binatang. Salah satunya menjulurkan lidah. Sebab, perbuatan itu selalu dilakukan oleh anjing, dan tentu Anda tidak mungkin mau jika disamakan dengan anjing bukan?

Allah SWT telah memberikan anugerah kepada kita berupa akal untuk berpikir. Jika memang Anda adalah pemikir yang baik, maka Anda tidak akan mungkin melakukan sesuatu seperti apa yang dilakukan oleh binatang. Tentu, menjadi hal yang tidak pantas jika Anda mengikuti perilaku binatang, yang pada dasarnya hanya mengikuti naluri dan hawa nafsu semata.

Oleh sebab itu, sebagai makhluk yang berakal dan memiliki keimanan terhadap Allah SWT, sudah selayaknya kita tidak melakukan hal yang hina. Terutama bagi Anda kaum wanita, akan terlihat rendah sekali harga diri Anda jika berselfie dengan gaya demikian.

Sudah selayaknya kita menjaga kehormatan diri, sebagai manusia yang dijadikan khalifah di muka bumi, panutan makhluk-makhluk lain yang berada di alam semesta ini. Wallahu ‘alam

Subscribe to receive free email updates: