Pesantren Terbakar, Foto Almarhum Ulama Aceh Abuya Syekh H Muda Wali Tetap Utuh

Musibah kebakaran yang menghaguskan puluhan kamar santri di pondok Pesantren Darussalam Labuhan Haji, Aceh Selatan, Provinsi Aceh, pada Senin, 9 Desember 2019 dini hari tadi menyisakan sebuah kisah yang bikin kagum.

Musibah kebakaran Pesantren Darussalam Labuhan Haji

Bagaimana tidak, di antara puluhan kamar santri yang terbakar tersebut, ada sebuah keajaiban yang terjadi. Pasalnya hampir tidak ada barang berharga ataupun dokumen penting yang terselamatkan dalam peristiwa itu.

Pada salah satu bangunan yang sudah terbakar tersebut menjadi tontonan warga dan santri yang menyaksikan beberapa lembar kertas bergambar yang masih utuh, dalam gambar tersebut terlihat foto Almarhum Abuya Syekh H Muda Wali yang tampak sedikit terbakar.

Foto hitam putih bersama sejumlah lembaran kertas lainnya yang terbakar pada bagian pinggir yang terlihat masih utuh itu terdapat di puing-puing arang disalah satu kamar santri yang sudah hangus terbakar.

Ketua Kabilah Abdya, Faisal Hadi kepada Atjehdaily.id membenarkan temuan lembaran kertas bergambarkan foto pendiri Pondok Pesantren Darussalam tersebut. Menurutnya, itu merupakan kuasa Allah.

“Setelah api berhasil di padamkan maka para santri membongkar sebagian bongkahan sisa kebakaran, hasilnya nihil, semua di lahab api dan menjadi arang,” sebut Faisal Hadi.

Namun lanjutnya, disalah satu bangunan yang terbakar, para santri menemukan hal yang menakjubkan dari sekian banyak arang itu ternyata ada lebaran yang masih utuh. “Lembaran itu adalah foto Almarhum Abu Muda Waly, pendiri sekaligus bapak pendidikan Aceh,” kata Faisal Hadi.

Pada kesempatan itu, Faisal Hadi yang juga merupakan anggota dari Ikatan Santri Abdya (Isbad) menyebutkan, pihaknya sangat prihatin atas musibah kebakaran tersebut. “Musibah ini menjadikan kita lebih bertaqwa, kita sangat ikut berduka, semoga kedepannya kita akan lebih baik lagi,” tuntasnya.(AD).

Subscribe to receive free email updates: