Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

94 orang warga Rohingya Terdampar di Seuneuddon

rohingya muslims in aceh utara

Lhoksukon – Puluhan etnis Rohingya yang terdampar di Seuneuddon, Aceh Utara dievakuasi ke TPI Bayu, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara, Rabu malam (24/6/2020).

“Semua warga etnis Rohingya yang terombang-ambing di perairan Seneuddon sedang dijemput oleh tim gabungan yang terdiri atas anggota TNI AL dan Polairud Aceh Utara untuk dievakuasi ke TPI Bayu,” kata Kapolres Aceh Utara, AKBP Tri Hadiyanto, kepada awak media.

Setiba di TPI Bayu nantinya mereka akan kita periksa kesehatan, lalu ditangani dengan protokol kesehatan di tempat pengungsian.

“Untuk saat ini kita masih melakukan koordinasi dengan lintas sektor,” katanya.

Menurut informasi  warga Rohingya itu nantinya akan ditempatkan di bekas kantor imigrasi yang berada di Peunteut, Lhokseumawe.

Selain itu, puluhan personel kepolisian, BPBD Aceh Utara, dan warga sudah memadati TPI Bayu. Namun, hingga berita ini ditayangkan pukul 21.30 WIB, warga Rohingya itu masih dalam perjalanan laut menuju ke TPI.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 94 orang warga Rohingya dengan rincian 15 laki-laki dewasa, 49 perempuan desa, dan 30 anak-anak terdampar di perairan Seunuddon. Mereka ditemukan nelayan dengan kondisi kapal motor rusak dan menjerit mita tolong pada nelayan. Belum diketahui pasti ke mana tujuan imigran tersebut. AT