Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kisah pemuda yang membacakan Al-Qur'an untuk orang tuanya sampai dirinya wafat

baca quran untuk orang yang sudah meninggal

Syaikh Zainuddin Al-Malibary dalam kitab Irsyadul Ibad halaman 33 mengisahkan adanya ahli kubur yang tidak lagi didoakan oleh anaknya di dunia. 

Kisah ini berawal dari adanya seorang lelaki yang bermimpi. Dalam mimpinya ia melihat beberapa ahli kubur yang keluar dari kuburannya. 

Yang menjadi heran, seketika mereka keluar mereka memunguti sesuatu di sekitaran kuburannya itu.

Ada hal lain yang membuatnya heran. Yaitu ada dari mereka yang duduk tenang tidak ikut memunguti sesuatu sebagaimana ahli kubur yang lainnya. 

Karena herannya itu seorang itu pun bertanya kepada ahli kubur yang duduk itu, "apa yang mereka lakukan dan kenapa? Lantas, kenapa engkau tidak ikut memunguti sesuatu?"

"Mereka sedang memunguti sesuatu karena tidak dibacakan Al-Qur'an oleh keluarganya yang masih hidup. Sedang aku sudah cukup. 

Sehingga tidak ikut memunguti sesuatu. Setiap hari anakku mengharamkan Al-quran. Anakku berjualan Zalabiya (makanan yang terbuat dari telur dan terigu) di pasar ini." Jawabnya.

Mendengar jawabannya itu, kemudian lelaki itu terbangun dari mimpinya. Ia langsung menuju pasar yang ditunjukkan itu. 

Dan benar, di sana ia melihat seorang pemuda yang mulutnya tak pernah berhenti melantunkan Al-quran. "Mengapa kau terus membacakan Al-Qur'an?" Tanyanya.

"Aku bacakan setiap hari Al-quran untuk orang tuaku yang sudah wafat." Jawabnya.

Kemudian di suatu hari lelaki itu kembali bermimpi dan bertemu dengan para ahli kubur itu. 

Namun di sana ia melihat semua ahli kubur memunguti sesuatu, termasuk ahli kubur yang dulu duduk saja. 

Melihat itu ia pun heran. Dan ketika bangun ia langsung menuju ke pasar yang dulu dikunjunginya.

Ketika sampai di pasar, ia tak melihat seorang pemuda yang melantunkan Al-Qur'an itu. Ia dikabarkan telah wafat sehingga tak lagi mengirimkan bacaan Al-Qur'an untuk orang tuanya.

Hikmah: bacaan Al-Qur'an dan bacaan-bacaan yang lainnya akan sampai kepada ahli kubur. Maka bagi siapapun yang memilki orang yang sudah dulu wafat, doakanlah dan bacakan Al-Qur'an untuk mereka