Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keutamaan Surat Yasin: Doa Kesembuhan Hingga Diberi Kemudahan

Keutamaan surat yasin - Surat Yasin merupakan surat makiyyah yang ke-36 dalam Al Quran. Surat ini bahkan dapat dikatakan sebagai surat yang sangat akrab dikenal dan dibaca oleh umat muslim di Indonesia, terutama kerap kali dibaca saat ada pengajian.

keutamaan surat yasin, manfaat surat yasin, fadhilah surat yasin

Sebagaimana surat lainnya di AL Quran yang memiliki keutamaan saat dibaca, surat Yasin juga memiliki manfaat di dalamnya. Apa saja manfaat yang terkandung ketika umat muslim membaca surat Yasin?

Diceritakan dari Jundab bin Abdullah, Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ يس فِي لَيْلَةٍ ابْتِغَاءَ وَجْهِ اللَّهِ، غُفِرَ لَهُ

Artinya: “Barangsiapa membaca surat Yasin setiap malam karena Allah SWT, maka dosanya diampuni.” (HR. Ibnu Habban)

Berikut ini manfaat surat Yasin bagi siapa saja yang membacanya:

1. Doa meminta kesembuhan bagi yang sakit

Dilansir dari buku yang berjudul Menerapkan Keajaiban Surat Yasin dalam Kehidupan Sehari-hari karya Ahmad Chodjin, dikisahkan ada seorang ibu dirawat di salah satu rumah sakit di Malang. Beberapa hari kemudian ibu tersebut mengalami koma dan kritis sampai akhirnya pihak rumah sakit menyerahkan kepada anggota keluarga.

Anak-anaknya memilih untuk melakukan rawat inap ibu mereka yang koma di rumah. Setiap giliran anaknya bertugas menjaga sang ibu mereka membacakan surat yasin selama 24 jam ibu terjaga dengan surat yasin. Dan atas izin Allah, akhirnya ibu tersebut masih hidup sehat hingga lebih dari lima tahun.

2. Baik dibacakan untuk orang yang menjelang ajal

Surat Yasin juga biasanya dijadikan sebagai pengantar kepulangan seseorang kepada Allah. Dalam hadist riwayat Nasa’i bersumber dari Ma’qal bin Yasar al-Muzan mengatakan, Rasulullah SAW pernah bersabda:

اقْرَؤُا يس عِنْدَ مَوْتَاكُمْ

Artinya: “Bacalah surat Yasin di samping saudaramu yang sedang sekarat.”

Menurut tulisan Ali Akbar bin Aqil dan Abdullah Chris dalam buku 5 Amalan Penyuci Hati disebutkan pula bahwa surat Yasin sangat baik dibacakan kepada orang yang sekarat sebagaimana sesuai dengan anjuran dari Rasulullah SAW.

Sebagaimana yang diriwayatkan dalam hadits Ma’qal bin Yasar tersebut juga disebutkan bahwa:

يس قَلْبُ القُرْآن لَا يَقْرَؤهَا رَجُلٌ يُرِيْدُ اللهَ وَالدَّارَ الآخِرَةَ إلَّا غَفَرَ لَهُ اقْرَءُوْهَا عَلَى مَوْتَاكُمْ

Artinya: “Surat Yasin adalah jantung Al-Qur’an. Siapa saja yang membacanya semata-mata karena Allah dan berharap kebahagiaan akhirat maka ia akan diampuni. Maka bacakanlah Yasin di samping saudaramu yang sedang sekarat.”

3. Surat Yasin meringankan siksa penghuni kubur

Hadist ini bisa dilihat di situs Jamiatul Ulama sebuah organisasi Islam di Afrika Selatan

مَنْ دَخَلَ المَقَابِرَ فَقَرَأَ سُوْرَةَ ( يس ) ، خُفِّفَ عَنْهُمْ يَوْمَئِذٍ ، وَكَانَ لَهُ بِعَدَدِ مَنْ فِيْهَا حَسَنَات

Artinya: “Siapa saja yang masuk kuburan dan membaca Surat Yasin maka pada hari itu akan diringankan (siksa) mereka (para penghuni kubur). Dan dia akan mendapatkan pahala sebanyak yang ada di dalamnya.” (HR Qurtubi)

Sesuai dengan hadist berderajat dhaif ini, maka tak ada salahnya membaca Surat Yasin sambil berharap pengampunan dan keringanan siksa kubur kelak.

4. Mendapat kemudahan dalam menghadapi masalah

Dikutip dari siaran ceramah yang diupload pada kanal YouTube milik Ustaz Abdul Somad (UAS), ia menjelaskan surat Yasin baik dibaca bagi mereka yang tengah kesulitan atau mencari solusi terbaik.

“Kalau dibacakan pada perkara yang susah maka Allah SWT akan memudahkannya,” jelas UAS sambil memberi contoh kesulitan yang dihadapi masyarakat, seperti tidak kunjung memiliki keturunan.

Meskipun ada hadits-hadits tentang keutamaan membaca surat Yasin yang masih bersifat lemah, namun tidak ada salahnya untuk membaca surat Yasin sebagai amalan sehari-hari kita semata-mata untuk mencari keridhoan Allah SWT.